Masalah Umum dan Cara Mengatasinya pada Printer Brother

Ditulis oleh Unknown Sabtu, 21 Juli 2012 0 komentar
Printer Brother

Printer Brother yang terkenal dengan MultiFunctionnya, kini sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Rata-rata toko komputer, maupun toko buku terkenal pun menjualnya. Terdapat 4 in 1, 5 in 1, maupun sampai kelas A3 lengkap dengan Scanner dan Dual Layer Scanning. Tidak luput dari pembaharuan dan upgrade fungsi yang semakin hari semakin memudahkan pekerjaan pencetakan kita, tentu ada kelemahan ataupun masalah yang kita temukan sewaktu penggunaan ataupun setelah penggunaan yang cukup banyak.

Penggunaan yang banyak dalam hal ini bagi saya di atas 10,000 lembar cetak. Selalunya yang kita temukan adalah Machine Error 50 atau Machine Error 46. Hal ini dikarenakan Maintenance Unit bermasalah, alias sudah habis masa pakainya. Apakah itu Maintenance Unit? Maintenance unit adalah unit penyedot tinta yang pas berada di dudukan print head di dalam printer Brother Anda.

Di rata-rata printer yang memiliki masalah ini, sudah terlihat bahwa printernya sangat kotor dan penuh dengan percikan tinta di mana-mana. Kadang kala kerusakan ini juga dipicu oleh terlalu seringnya melakukan cleaning print head.

Jadi, bagaimana cara kita menghindari masalah tersebut? Jika penggunaan di atas 10,000 lembar, saya rasa sudah wajar untuk menggantinya karena otomatis sudah tidak kuat lagi maintenance unitnya. Tetapi untuk jaga-jaga, sebaiknya menjaga kebersihan printer anda dari debu, kelembaban, dan apa lagi binatang seperti tikus, cicak, kecoak. Jika ada tumpah tinta ataupun bekas tinta pada printer ataupun parts dalamnya, sebisanya kita lap hingga bersih menggunakan kain lembut yang kering. Dan kasus tertentu, ada cicak bertelur di dalam, ataupun mati di dalam printer. Hal ini pernah kita temukan. Bayangkan jika telur tersebut pecah dan mengenai motherboard, dan otomatis akan terbakar dan mati total.

Perihal Garansi printer Brother, untuk print head, maintenance unit dan kerusakan akibat kesalahan pengguna, tidak di cover sama sekali. Jadi, rajin-rajin lah membersihkan printer Anda, tutupin dengan kain jika tidak digunakan. Sama halnya dengan Anda menjaga kebersihan Notebook ataupun PC Anda.

Satu hal lagi yang sering terjadi, jika terjadi Paper Jam, atau kertas sangkut di dalam printer, buka cover printer Anda, lihat terlebih dahulu posisi head Anda. Usahakan di geser ke pinggir tanpa mengenai kertas supaya tidak tergores. Baru pelan-pelan tarik keluar kertas yang sangkut mengikuti jalur keluarnya kertas. Jangan dipaksa ataupun ada sobekan kertas yang tersisa di dalam.

Demikianlah sedikit tips yang dapat saya share dengan Anda, semoga Printer Brother Anda tetap awet dan dapat digunakan dengan baik.

NB: Artikel ini dipublish berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya dari berbagai masalah yang dialami customer maupun kami sendiri. Dan tidak semua kasus memiliki situasi, kondisi maupun solusi yang sama. Jika Anda menemukan masalah aneh lainnya, boleh share dengan kita melalui comments form di bawah ini, dan kami akan coba membantu. Terima Kasih.

Brother, always at your side.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Masalah Umum dan Cara Mengatasinya pada Printer Brother
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5

Jika Anda ingin mengcopy artikel ini, tolong sertakan link sumber berikut ini :
http://jeffryarga.blogspot.com/2012/07/masalah-umum-dan-cara-mengatasinya-pada.html
Terima kasih sudah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang berisi spam/link, otomatis akan dihapus. Anda sopan, saya segan !
Jika ada pertanyaan, request artikel, saran, atau kritik tentang blog ini, silahkan posting komentar atau hubungi saya di Contact Me

Pengunjung

Pengunjung yang online saat ini :
Masalah Umum dan Cara Mengatasinya pada Printer Brother
Copyright © 2013 of Jeffry Arga

PING

Kategori

Android (3) Antivirus (3) Audio Video (1) Bank Online (8) Berita (14) Bisnis (2) D'gatha (2) Download (25) Driver (12) Internet (4) Komputer (9) Lirik Lagu (12) Printer (18) Sanksi Band (9) Software (12) Tutorial (23) Ungu (1) Utility (5)